Tips Sehat

Cara Mengurangi Nafsu Makan Berlebih Saat Diet – Salah satu tantangan yang paling berat pada saat diet adalah mengurangi atau menahan nafsu makan. Mengurangi porsi makan sangat penting ketika anda ingin menurunkan berat badan. Dengan menahan nafsu makan anda dapat mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh sehingga tidak ada cadangan lemak yang tersimpan. Karena itu gagalnya program diet sering kali disebabkan karena tidak bisa menahan rasa lapar.

sumber vibrantliving

Orang yang menderita kelebihan berat badan atau obesitas biasanya memang memiliki nafsu makan yang besar dan cenderung rentan terhadap penyakit kolesterol, stroke, gagal jantung, kencing manis, hipertensi, dan juga komplikasi berbagai penyakit. Karena itu mengurangi berat badan atau diet selain untuk mendapatkan tubuh yang ideal juga untuk menghindari munculnya berbagai penyakit di atas. Agar program diet anda sukses, anda juga harus sukses dalam menahan nafsu makan.

Cara Mengurangi Nafsu Makan Berlebih Saat Diet

1. Alihkan Perhatian
Bagi orang yang memiliki nafsu makan yang besar rasa ingin makan dapat timbul kapan saja, bahkan disaat merasa kenyang. Karena itu untuk menghilangkan nafsu makan anda harus dapat mengalihkan perhatian dari makanan dengan cara melakukan kegiatan lain seperti membaca buku atau sekedar berjalan santai keliling komplek rumah.

Cara Menghilangkan Lemak Perut Dalam 1 Minggu

2. Atur Jadwal Makan
Mengatur jadwal makan tentu saja tidak hanya sekedar mengatur jam makan, tetapi juga mengatur porsi makananan agar sesuai dengan yang dibutuhkan. Orang yang terlambat makan cenderung merasa lapar yang amat sangat, hal ini menyebabkan orang tersebut akan makan dengan porsi yang berlebihan sebagai pelampiasan rasa laparnya. Jika ini terjadi terus menerus tentunya akan merusak program diet anda. Ketika mengatur jadwal makan pastikan juga untuk menyertakan makanan – makanan sehat dalam menu anda.

cara mengurangi nafsu makan berlebih saat diet
betterhealthkare

3. Konsumsi Protein Yang Cukup
Menambah konsumsi protein dapat membuat tubuh anda merasa lebih kenyang, hal ini tentunya dapat membantu dalam cara mengurangi nafsu makan berlebihan saat diet. Selain itu kalori yang tinggi juga dapat membantu otot anda agar tetap bertenaga.

cara mengurangi nafsu makan berlebih saat diet
coachnine

4. Makan Dengan Perlahan – Lahan
Otak kita memerlukan waktu untuk menerima sinyal dari sistem pencernaan, karena itu makan dengan tempo yang lebih lambat dapat membantu mengurangi porsi makan dan juga menjadi salah satu cara mengurangi nafsu makan berlebih yang efektif.

5. Konsumsi Jahe
Banyak yang percaya mengonsumsi jahe juga dapat mengurangi nafsu makan yang berlebihan saat diet, meskipun masih belum banyak penelitian yang membuktikannya. Tapi tidak ada salahnya jika anda mencoba karena mengonsumsi jahe juga membantu mengurangi rasa mual, sakit otot, peradangan, dan gula darah.

doctorshealthpress

6. Ganti Ukuran Piring
Meskipun terlihat menggelikan namun mengganti ukuran piring makan ke ukuran yang lebih kecil dapat membantu mengurangi porsi makan anda tanpa merasa lapar.

7. Konsumsi Omega 3
Bagi anda yang memiliki kelebihan dan berat badan, lemak omega 3 yang terdapat pada ikan dan minyak alga dapat membantu anda merasa lebih cepat kenyang, hal ini tentu sangat membantu jika anda sedang mencari cara mengurangi nafsu makan berlebihan saat diet.

8. Tidur Yang Cukup
Selain dapat membantu anda menghilangkan lemak di perut, tidur yang cukup dan berkualitas juga dapat mengurangi nafsu makan. Sebuah studi menunjukkan bahwa tidur yang tidak cukup dapat meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan sebesar 24% (sumber).

sumber muscleandfitness

9. Kurangi Stres
Stress yang berlebihan dapat menyebabkan naiknya hormon stress atau hormon kortisol. Hal ini dapat menyebabkan naiknya nafsu makan, meskipun efeknya setiap individu berbeda – beda. Mengurangi tingkat stress tidak hanya membantu menahan nafsu makan tetapi juga menjauhkan anda dari bahaya obesitas dan depresi.

10. Minum Kopi
Ada banyak sekali manfaat kopi bagi kesehatan,salah satunya untuk mengurangi nafsu makan yang berlebih. Sebuah studi menunjukkan bahwa kopi khususnya kopi tanpa kafein dapat meningkatkan pelepasan hormon PYY, yaitu hormon yang sangat berperan dalam menentukan berapa besar porsi makanan yang harus dikonsumsi.

Klik disini untuk beli kopi sehat

Itulah tadi 10 cara mengurangi nafsu makan berlebih saat diet.

Rasa lapar itu penting karena merupakan sinyal yang muncul secara alami, dan tidak seharusnya diabaikan jadi 10 cara mengurangi nafsu makan berlebih saat diet di atas hendaknya dimanfaatkan secara bijak agar program diet anda sukses dan sehat.

Baca juga artikel :
1. Cara Menghilangkan Lemak Perut Dalam 1 Minggu
2. Cara Menghilangkan Lemak di Perut

Jika anda sudah mencoba cara menghilangkan nafsu makan di atas namun masih belum mendapatkan hasil yang diinginkan, anda bisa berkonsultasi dengan dokter herbal secara gratis dengan klik tombol di bawah ini.

Konsultasi Kesehatan Gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment